Penulis cerita anak yang sangat terkenal ini lahir di Odense, 2 april 1805. meski lahir dari keluarga miskin, Hans Christian Andersen telah mengenal cerita fiksi sejak kecil. ibunyalah yang memperkenalkannya. sang ibu rajin membacakan berbagai macam cerita pada Andersen kecil, dan itu mempengaruhi minat menulisnya saat tumbuh dewasa. minat menulis ini rupanya juga dipengaruhi oleh kebiasaan sang ayah yang sering mengajaknya menonton drama. tak heran jika Andersen pun lalu gemar membaca naskah drama penulis besar Inggris, William Shakespeare.

Sepanjang hidupnya, Andersen telah membuat 156 cerita. 12 diantaranya berdasarkan cerita rakyat Denmark. dan selebihnya merupakan hasil pemikirannya sendiri. selain Little Mermaid, kisah-kisah yang terkenal lainnya adalah The Ugly Ducking, The Snow Queen dan Thumbelina. karya-karya tersebut dan yang lainnya telah diterjemahkan ke dalam 150 bahasa.

Andersen tutup usia pada tanggal 4 agustus 1875. untuk menghormati jasanya, pemerintah Denmark membuat patung dirinya di kota Kopenhagen. warga dunia juga menghormatinya dengan menetapkan tanggal lahir Andersen sebagai Hari Buku Anak Internasional.


0 komentar:

About