Sutan Syahrir lahir di Padang Panjang, Sumatera Barat pada tangal 5 maret 1909. Ia adalah anak dari pasangan Mohammad Rasad dan Puti Siti Rabiah. Ayahnya bekerja sebagai penasehat Sultan Deli dan kepala jaksa di Medan.

Syahrir mengenyam sekolah dasar dan sekolah menengah (MULO) terbaik di Medan, dan melanjutkan sekolah lanjutan atas (AMS) di Bandung. Syahrir melanjutkan pendidikan ke Fakultas Hukum, Universitas Amsterdam, Leiden. disana, Syahrir aktif dalam Perhimpunan Indonesia (PI) yang ketika itu dipimpin Mohammad Hatta. Syahrir rajin menulis di  majalah Daulat Rakyat untuk mendorong para pemimpin gerakan di tanah air untuk memberi perhatian pada pendidikan rakyat.

Pada tahun 1945, Syahrir ditunjuk oleh Presiden Soekarno untuk menjadi perdana menteri pertama di Indonesia sekaligus perdana menteri termuda di dunia. Syahrir juga berperan sebagai menteri dalam negri dan luar negri.

Beliau berjasa dalam masa pengakuan kemerdekaan Indonesia melalui perundingan Linggarjati yang ditanda tangani pada 15 november 1946.

Syahrir terkena stroke di akhir hidupnya. Ia pergi ke Zurich, Swiss, untuk berobat. namun akhirnya ia meninggal disana pada 9 april 1966. Beliau dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta


0 komentar:

About