Galileo Galilei lahir di Pisa, Italia, 15 Februari 1654. sejak kecil ia sudah menerima pendidikan yang baik. kuliahnya memang terpaksa berhenti karena masalah keuangan. meski begitu, ia tetap cemerlang, bisa mendalami sains, dan membuat penemuan ilmiah.

Penemuan Galileo yang terkenal adalah di bidang astronomi. tahun 1609, ia mendengar kabar tentang penemuan teleskop di Belanda. kemudian, ia menciptakan teleskop sendiri.

Dengan alat itu, ia bisa mengamati langit dan membuat bebrapa penemuan besar. diantaranya penemuan bulan yang mengelilingi planet Jupiter. dari situ ia mengetahui, bahwa benda-benda angkasa dapat mengitari planet selain bumi.

Selain itu, Galileo melaporkan adanya gunung dan lembah di bulan. katanya, permukaan bulan itu kasar dan tidak rata seperti permukaan bumi. ia pun melakukan pengamatan terhadap bintik matahari yang kemudian menjadi perhatian para ilmuwan. sejumlah planet seperti Saturnus, Venus dan Neptunus juga diamatinya.

Sekedar tahu, Galileo melakukan semua itu untuk membuktikan kebenaran teori Nicolaus Copernicus (1473-1543). menurutnya bumi dan planet lain memang berputar mengelilingi matahari sebagai pusat tata surya.

Pendapatnya ini sempat ditentang gereja pada 1616. saat itu, gereja menganggap bumi adalah pusat tata surya. maka pada 1632, ia dijatuhi hukuman tahanan rumah. namun Galileo tak gentar, ia tetap meneruskan penelitian dan menulis sejumlah buku. kini gereja telah memulihkan nama baiknya.

Galileo juga berperan dalam bidang mekanika dan penemuan hukum kelembaman. Pada tahun 1638. Galileo hampir mengalami buta total. ia wafat di Arcetri, Italia, 8 Januari 1642.

0 komentar:

About