Leonhard Euler, ahli matematika sekaligus fisika asal Swiss. hasil karyanya banyak berpengaruh dalam kedua bidang ini.

Euler lahir pada 15 April 1707 di Basel, Swiss. saat dia berumur 13 tahun (1720) ia diterima di Universitas Basel. awalnya ia belajar teologi (ilmu tentang Tuhan), kemudian ia pindah ke bidang matematika.

Menginjak umur 23 tahun, Euler menjadi mahaguru fisika di Akademi Ilmu Pengetahuan,St. Petersburg, Rusia. ketika berusia 26 tahun, ia menjadi ketua matematika di sana.

Dua tahun berselang, pengelihatan matanya mulai hilang sebelah. tapi ia terus bekerja dan menghasilkan artikel-artikel yang cemerlang.
Tahun 1741, Euler meninggalkan Rusia dan pindah ke Akademi Ilmu Pengetahuan di Belin, Jerman. ia lalu kembali ke Rusia pada tahun 1766. sayangnya, kedua mata Euler tak bisa melihat lagi.

Dalam kondisi buta, Euler tetap tak berhenti melakukan penyelidikan. bahkan, sebelum meninggal di tahun 1783, ia terus mengeluarkan kertas kerja kelas tinggi di bidang matematika.

Semua penemuan Euler sangat membantu perkembangan pengetahuan dan teknologi modern. beberapa diantaranya adalah sudut Euler, formula Euler, kemantapan Euler, keseimbangan Euler dan kurva poligon Euler. ia juga menulis 32 buku, ratusan artikel, dan 70 jilid tulisan ilmiah tentang matematika dan ilmu pengetahuan.


0 komentar:

About