Salah satu teori terbentuknya alam semesta adalah karena terjadinya ledakan besar atau Big Bang pada 13,7 miliar tahun lalu. teori itu didasarkan pada hasil pengamatan seorang astronom bernama Edwin Hubble.
Teori itu diuji coba oleh para ilmuwan. ujicoba dilakukan dalam sebuah mesin yang diberi nama Large Hadron Collider (LHC).
LHC berupa terowongan raksasa berbentuk lingkaran. LHC berada di daerah perbatasan antara Swiss dan Prancis. keliling lingkaran LHC sekitar 27 kilometer. LHC ditanam dalam tanah pada kedalaman 50 sampai 175 meter. pembuatannya memakan waktu 13 tahun, serta melibatkan 5.000 ilmuwan, insinyur dan teknisi dari 36 negara.
Di dalam LHC, sejumlah sinar partikel ditembakkan dari dua arah berlawanan. kecepatan tembakan itu mendekati kecepatan cahaya. dengan kecepatan seperti itu, diperkirakan akan tercipta suhu hingga mencapai milyaran derajat celsius. nah, ketika sinar partikel dari dua arah itu bertemu, akan terciptalah suatu ledakan besar. apa yang terjadi setelah ledakan, itulah yang akan diteliti ilmuwan.
Para ilmuwan berharap, hasil percobaan itu memberikan banyak kejutan tentang alam semesta. kejutan-kejutan itu mungkin ada yang telah diketahui, tetapi mungkin juga belum diketahui.
Meskipun demikian, ada pula yang mengkhawatirkan akibat dari percobaan itu. salah satunya, ledakan itu bisa menjadi pintu bagi masuknya mahluk-mahluk aneh ke bumi.

0 komentar:

About