Charles Spencer Chaplin, Jr lahir pada 16 april 1889 di London, Inggris. ia lebih dikenal dengan nama Charlie Chaplin. orang tua Chaplin merupakan orang yang bekerja di bidang hiburan. ayahnya meninggal ketika ia berusia 12 tahun. Chaplin tumbuh besar dengan didikan ibunya. tak lama kemudian, ibunya menderita sakit, Chaplin dan saudaranya pun harus bekerja untuk menghidupi mereka.

Dari sinilah, bakatnya di panggung di temukan. bagi masyarakat Inggris, ia adalah seorang bintang film komedi ayng menjadi pemain sandiwara terkenal di Hollywood.

Ia juga seorang sutradara yang handal. pengaruhnya bagi dunia film sebagai pemain sandiwara, penulis naskah, produser, bahkan sebagai kritikus filmnya sendiri.

Ia berkarya selama lebih dari 70 tahun. ia memulai karirnya di bidang film di Studio Keystone, Amerika Serikat. dari sinilah ia mempelajari mengenai seni dan pembuatan film. Chaplin terkenal karena karakter "Tramp", nama tokoh pada film "kids auto races in Venices" yang dibintanginya. Tramp dikenal memakai topi panjang, celana panjang yang kebesaran, tongkat dan memiliki kumis berbentuk seperti sikat gigi.

Pada tahun 1916, ia menandatangani perjanjian dengan perusahaan film Mutual untuk memproduksi film komedi sendiri. berbagai film yang dihailkannya adalah A dog's pray, Pay day, Shoulder arms, The Pilgrims, The kid, A woman in Paris, The gold rush dan The circus.

The great dictator merupakan salah satu filmnya yang memiliki unsur politik di dalamnya. Chaplin memenangkan 2 (dua) penghargaan Oscar (penghargaan paling bergengsi bagi mereka yang bergerak di dunia perfilman).

Chaplin meninggal pada hari Natal, 25 desember 1977 di Swiss pada usia 88 tahun. pada 1 maret 1978, jenasahnya dicuri oleh sekelompok orang dari Bulgaria dan Polandia. mereka bermaksud untuk memeras keluarga Chaplin. para pelakunya berhasil ditemukan dan di tangkap.

0 komentar:

About