Pernah membaca serial Pippi Longstocking (Pippi si kaus kaki panjang) atau buku Emil dari Lonnerberga? kalau sudah tau cerita-cerita tersebut, kamu pasti tau siapa penulis ceritanya.. ia adalah Astrid Lindgren.

Penulis buku cerita anak asal Swedia ini lahir pada tanggal 14 november 1907. nama aslinya adalah Astrid Anna Emilia Ericson.

Karir menulisnya dimulai saat anak perempuannya, Karin sakit. untuk menghiburnya, Astrid bercerita tentang pippi longstocking dan kawan-kawannya. kemudian cerita fiksi tersebut ia tulis dan ditawarkan pada penerbit.

Cerita Pippi Longstocking itu juga diikutsertakan dalam sebuah kompetisi cerita anak. Astrid pun memenangkan kompetisi tersebut. sejak saat itu cerita Pippi Longstocking menjadi terkenal. buku certia tersebut sudah dialih bahasakan ke dalam 85 bahasa dan diterbitkan oleh lebih dari 100 negara.

Karna buku-bukunya pula, Astrid mendapat penghargaan, diantaranya H.C.Andersen Medal, Swedish Academy's Gold Medal, Peace price of the German Booktrade, dan beberapa penghargaan lainnya.

Namanya juga dipakai untuk nama planet kecil yang ditemukan astronom dari Uni Soviet (kini rusia) tahun 1978 yaitu 3204 Lindgren.

Pada tahun 2002, Astrid meninggal dunia di usianya yang ke 94 tahun.

0 komentar:

About