Tenochtitlan merupakan pusat dari kerajaan Aztec yang berada di sebelah barat Danau Texcoco. kota ini merupakan kota terbesar di dunia pada masanya.

Penduduknya berjumlah sekitar 200.000 orang. luasnya sekitar 8-13,5 kilometer persegi (km2). kota ini dihubungkan dengan pematang (jalan yang ditinggikan) ke arah utara, selatan dan bagian barat kota.

Adapula jembatan yang bisa ditarik untuk menjaga kota tersebut. dari satu kota ke kota lain dihubungkan dengan sungai kecil yang dapat dijangkau dengan berjalan kaki ataupun dengan perahu kano.

Di pusat kota ini, terdapat piramida yang dikelilingi oleh dinding yang tinggi. untuk sampai ke kuil harus melewati anak tangga yang memenuhi dinding setinggi 30 meter. Kuil tersebut bernama Huitzipochtli dan Tlaloc. di kuil ini dilakukan persembahan korban untuk dewa.

Pada abad ke-16, orang-orang Spanyol datang ke Aztec dan menaklukkan bangsa tersebut. Tenochtitlan mengalami keruntuhan. danau Texcoco pun menjadi kering. sekarang, Tenochtitlan menjadi Mexico.

0 komentar:

About