Eva Peron atau Evita Peron lahir pada tanggal 7 Mei 1919 di Los Todos, Pampas, Argentina. ayahnya, Juan Duarte, lahir dari keluarga kaya. ibunya bernama Juana Ibarguren. berbeda dengan sang ayah, sang ibu berasal dari keluarga miskin. hal ini yang memacu Evita untuk lebih mengerti mengenai kebutuhan kaum miskin di kemudian hari.

Evita bekerja di radio El Mundo. ia juga bekerja sebagai bintang film, dan menjadi bintang yang terkenal pada masanya. Pertemuannya dengan Juan Peron mengubah garis hidupnya menjadi seorang ahli politik. hal ini salah satunya disebabkan karna suaminya adalah salah satu tokoh politik di Argentina.

Evita menikah dengan Juan Peron pada 23 Oktober 1945. berbagai perjuangan dilakukannya untuk mendukung suaminya. salah satunya adalah upayanya untuk membebaskan suaminya dari penjara. selain itu ia mendirikan yayasan sosial bagi orang miskin.

Evita lalu mendirikan partai bagi kaum wanita. pada masanya, wanita mendapatkan hak nya untuk memilih. pada tahun 1951, Evita mencalonkan diri menjadi wakil presiden Argentina. ia mendapatkan dukungan dari kaum pekerja, rakyat dan partai yang didirikannya.

Pada saat ia terpilih, ia menegaskan bahwa ia adalah seorang wanita yang membawa mimpi dan harapan orang banyak kepada presiden.

Pada tanggal 24 September 1950, dokter mengatakan pada Juan Peron bahwa istrinya menderita penyakit kanker. Evita meninggal pada usia 33 tahun, yaitu pada 26 Juli 1952.

Seluruh Argentina menyatakan kedukaannya. semua aktivitas berhenti saat ia meninggal. setelah kematiannya, terjadi pergantian kekuasaan di Argentina, jenasahnya sempat menghilang selama beberapa tahun. pada tahun 1971, jenasah Evita ditemukan dan dimakamkan di La Recoleta, Argentina.

0 komentar:

About