Sensus terhadap mahluk hidup laut dilakukan dengan cara melakukan banyak penelitian, tepatnya di perairan seluruh dunia. hal itulah yang telah dilakukan oleh ahli biologi laut dari seluruh dunia. namanya The Census of Marine Life (CoML).

The Census of Marine Life (CoML) dilakukan oleh jaringan peneliti atau oleh ahli biologi laut dari 82 negara. jumlahnya sekitar 2.000 peneliti. peneliti Indonesia diwakili oleh para peneliti dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Para peneliti bekerja sama untuk menilai dan menjelaskan keragaman dan penyebaran makhluk hidup. juga untuk memperkirakan situasi kehidupan di dalam laut pada masa lalu, sekarang dan masa depan.

CoML dimulai sejak tahun 2000. setelah 8 tahun, penelitian telah ditemukan sekitar 120.000 jenis mahluk hidup laut dari perairan di berbagai belahan dunia. sebagian besar merupakan species (jenis) baru dan belum diketahui keberadaannya selama ini. penemuan-penemuan itu telah dilaporkan dalam Konferensi Dunia untuk Keragaman Hayati Kelautan di kota Valencia, Spanyol.

Para peneliti berharap bisa menemukan 250.000 jenis mahluk hidup laut. laporan hasil penelitian ini akan diterbitkan dalam bentuk tiga buah ensiklopedia pada bulan Oktober 2010.

Para ilmuwan berharap agar hasil sensus ini dapat dipelajari dan dipahami oleh semua masyarakat di dunia.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

mari selamatkan dunia.,.,.,.

semoga diskusi tersebut tak berakhir dengan kehampaan saja.,,.,

About