Di tengah-tengah Nusantara, tepatnya di perbatasan provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Nusa Tenggara Barat (NTB) ada pulau Komodo. setiap tahun, banyak wisatawan yang berkunjung ke pulau itu. kedatangan mereka hanya untuk melihat kadal terbesar di dunia itu dari dekat.

Sayangnya, dalam beberapa tahun terakhir ini, jumlah komodo disana terus berkurang. akibatnya, hewan langka ini terancam punah. seperti yang terjadi di Pulau Padar. sejak tahun 2000 lalu, komodo sudah tidak ditemukan lagi di daerah itu. padahal sekitar tahun 1980 hingga 1990-an, jumlah komodo disana masih banyak.

Menurut pengelola Taman Nasional Komodo, hingga kini belum diketahui penyebab punahnya komodo di Pulau Padar. namun ada dugaan, komodo disana punah karna perburuan liar dan pembakaran hutan liar di kawasan itu. hal itulah yang membuat ruang gerak komodo semakin terjepit.

Secara keseluruhan, jumlah komodo yang masih hidup ada sekitar 2.500 ekor. mereka tersebar di Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Gili Motang.

Tahukah kamu, kalau komodo hanya bisa bertahan hidup di lokasi yang memiliki banyak air dan pohon rimbun. tujuannya, agar ia bisa berlindung dengan aman dan mudah mendapatkan makanan.

0 komentar:

About