Jam matahari adalah seperangkat alat yang menunjukkan waktu berdasarkan letak matahari. posisi bayangan yang terbentuk akibat sinar matahari yang menyinari alat tersebutlah yang berfungsi untuk menunjukkan waktu.

Bayangan tersebut berpindah pindah seiring dengan berjalannya waktu. jam matahari muncul pertama kali di Mesir sekitar tahun 1500 sebelum masehi. sekitar 1000 tahun kemudian barulah jam ini dikenal oleh bangsa Yunani.

Jam matahari sangat tergantung pada letak dan posisi dimana jam tersebut berada. misalnya, jam matahari yang dibuat di kota Jakarta akan menunjukkan waktu yang berbeda jika digunakan di Bali pada waktu yang sama.

Hal ini dikarenakan posisi matahari yang selalu berubah, akibat perputaran bumi mengelilingi matahari. waktu berdasarkan penggunaan bayangan dari sinar matahari ini disebut "waktu matahari" (solar time). jadi tiap-tiap tempat di dunia akan memiliki waktunya masing-masing.

Untuk mencegah kerancuan mengenai waktu yang berbeda-beda tersebut, dibuatlah "waktu standar" (standar time). waktu tersebut di bagi-bagi menurut wilayah waktu (time zone).

Jadi, waktu pada satu wilayah tempat tertentu selalu sama, saat keluar dari wilayah waktu tersebut dan masuk ke wilayah waktu lainnya, barulah waktunya berubah.

Contohnya adalah pembagian waktu di Indonesia yang terbagi menjadi tiga wilayah waktu. yaitu Waktu Indonesia Barat (WIB), Waktu Indonesia Tengah (WITA) dan Waktu Indonesia Timur (WIT).

0 komentar:

About