Soekarno adalah presiden Republik Indonesia yang pertama (masa jabatan 1945-1966). pria kelahiran Blitar, Jawa Timur (Jatim), 6 Juni 1901 ini memiliki peran penting dalam memerdekakan bangsa Indonesia dari penjajahan Belanda. Ia juga merintis Pancasila sebagai dasar negara dan menjadi Proklamator Kemerdekaan RI pada tanggal 17 Agustus 1945.

Nama asli Soekarno adalah Kusno Sosrodihardjo. ayahnya bernama Raden Soekemi Sosorodihardjo. ibunya yang berasal dari Bali bernama Ida Ayu Nyoman Rai.

Saat kecil, beliau tingal bersama kakeknya di Tulungagung, Jatim. pada usia 14 tahun, beliau bersekolah di Hoogere Burger School, Surabaya. lalu melanjutkan studi ke Technische Hoge School di Bandung, Jawa Barat.

Selama di Bandung, Soekarno banyak menjalin hubungan dengan para pemimpin organisasi nasional. bersama tokoh-tokoh nasional, Soekarno bekerja sama dengan pemerintah pendudukan Jepang untuk mencapai kemerdekaan RI.

Beliau juga kharismatik dan ahli pidato. akhirnya, Soekarno diangkat menjadi persiden RI pertama. Soekarno banyak memberi gagasan di dunia internasional.

Ia sangat memperhatikan nasib bangsa Asia Afrika yang belum merdeka. karena itu, ia berinisiatif untuk mengadakan Konfrensi Asia-Afrika (KAA) di Bandung tahun 1955. berkat jasanya, banyak negara di Asia-Afrika yang kemudian meraih kemerdekaan.

Ia juga sering mengunjungi berbagai negara dan bertemu dengan para pemimpinnya. misalnya, Nikita Khuschev (Uni Soviet/ Rusia), Fidel Castro (Kuba), Mao Tse Tung (China) dan John F.Kennedy (Amerika Serikat).

Soekarno wafat di Jakarta pada tanggal 21 Juni 1970 dan dimakamkan di Blitar, Jawa Timur.






0 komentar:

About