Kamu latah ? hati-hati, jangan sampai kebiasaan ini menjalar ke tingkat yang lebih akut. terdengar sepele, tapi aksi latah sama sekali tidak bermanfaat !!
>> Sejarah latah
Ditilik dari bahasa Inggris hyperstartling, latah bisa di paparkan sebagai rasa terkejut yang berlebihan.
Seseorang disebut latah bila rasa terkejutnya tertuang dalam ekspresi yang berlebihan atau kehilangan kendali atas rasa terkejutnya itu. Aksi latah dapat berupa peniruan atau pengulangan kata-kata maupun kalimat yang baru di dengar. atau dapat pula meniru perilaku serta mematuhi perintah orang lain.
Dalam dunia medis, latah banyak ditemukan di asia tenggara, meski banyak juga ditemukan di beberapa daerah lain di dunia, seperti negara baian Maine, AS, atau Yaman yang dikenal dengan istilah jumping frenchmen of maine.
Latah adalah salah satu bentuk culture-specific syndrome dan dikenal dengan sebutan hyperekplexia yang masuk dalam kategori neurological disorder (gangguan syaraf). karena itu dalam penanganannya, latah banyak diatasi oleh dokter ahli syaraf dan psikiater.
Bila dirunut sebab musababnya, latah muncul akibat sejumlah faktor. salah satunya faktor pengasuhan atau kebiasaan dalam lingkungan sosial seseorang. latah yang berwujud pengulangan kata-kata kala terkejut dapat juga menjalar ke dalam bentuk tindakan. orang latah dapat melakukan tindakan yang diperintahkan kepadanya secara tiba-tiba. Hal ini tentu berdampak buruk dan merugikan penderita latah sekaligus orang lain yang jadi korbannya.
>> Tolah mentah-mentah
Dilihat dari dampaknya, latah tidak akan menghasilkan wujud yang positif sama sekali. Perilaku latah tentunya mencerminkan EQ dan SQ yang baik. selain itu, kata-kata kotor yang biasa terucap saat latah tidak merefleksikan pribadi yang terhormat....

2 komentar:

Anonim mengatakan...

saya setuju, gw gak suka loh orang latah. jadi bagi yg ska latah2 latihan yah supaya jgn latah lagi.

sweetlove-sunset mengatakan...

yup.. ternyata latah memang nga menghasilkan sesuatu yang positif untuk kita, paling hanya sebagai bahan olok-olok dan bikin cape diri sendiri...

About