Sepanjang kehidupan kamu, teman datang silih berganti.. teman lama, teman baru. teman yang terus bertahan, teman yang menghilang. teman yang setia, teman yang menghianati, teman yang kamu sukai, teman yang tidak kamu sukai..

Disadari atau tidak, ternyata semua teman yang pernah atau yang sekarang ada di sekeliling kamu, sangat mempengaruhi sikap, pola pikir dan kehidupanmu saat ini.

Untuk membangun persahabatan yang tulus dan sejati, dibutuhkan waktu bertahun-tahun, paling tidak 3 tahun. bisa aja kamu terkecoh, mengira dia adalah sahabat sejati, ternyata belakangan hari kamu kecewa dan mendapati persahabatan dengannya selama ini tidak tulus dan tidak saling mendukung.

Coba evaluasi persahabatan yang saat ini tengah kamu jalani dengan 5 karateristik yang perlu dimiliki oleh sahabat sejati :


  1. Rasa aman dan nyaman >> rasa aman dan nyaman kala kamu berada di dekatnya, merupakan indikasi penting yang harus ada dalam sebuah persahabatan sejati. nyaman karena kamu nggak perlu berpura-pura, bisa tampil apa adanya, tanpa perlu memikirkan apa komentarnya. aman karena tidak ada persaingan diantara kalian. bersamanya serasa kamu kembali ke rumah yang nyaman dan membuat kamu merasa rileks.

  2. Ada keterbukaan >> tidak mungkin ada persahabatan sejati tanpa keterbukaan. seperti gayung bersambut, ketebukaan harus ada di kedua belah pihak. tidak mungkin hanya kamu yang selalu terbuka dengannya, sementara dia enggan menceritakan apa-apa. atau sebaliknya. tentu saja, keterbukaan tidak datang begitu saja. keterbukaan tidak bisa tercapaitanpa kehadiran rasa aman dan nyaman di antara kalian berdua.

  3. Pendengar yang baik >> sahabat yang tulus dan sejati adalah yang bisa menjadi pendengar yang baik. tidak bersikap menghakimi apalagi mengatur hidupmu. menjadi pendengar yang baik adalah fondasi untuk mengerti keinginan seseorang. di saat-saat yang membinggungkan dan dalam kesedihan, sebenarnya yang dibutuhkan seseorang adalah teman untuk berbagi cerita, yang bisa memberi penghiburan dan bisa menenangkan. bukan teman yang mendorong kamu untuk mengambil keputusan disaat kamu binggung, sedih dan marah yang akhirnya malah kamu sesali kemudian.

  4. Komunikasi rutin >> sedekat apapun persahabatan, bila tak ada komunikasi rutin, pasti persahabatan tersebut lambat laun akan luntur. ada atau tak ada hal penting yang perlu di bicarakan, komunikasi rutin di pertahankan. walau hanya sekedar menanyakan kabar lewat email, telpon atau sms.

  5. Kesetiaan yang paling utama >> kalau ke empat karakter sebelumnya samngat penting untuk membangun persahabatan sejati, maka kesetiaan adalah segala-galanya. kesetiaan dalam persahabatan berarti kamu saling mempercayai satu sama lain. memang perlu waktu yang lama untuk mengukur kesetiaan seseorang. itulah sebabnya, dibutuhkan waktu minimal 3 tahun untuk membangun persahabatan sejati.


2 komentar:

Anonim mengatakan...

Senang sudah aku mengenal dirimu
Walau kita belum bertemu
Hati rasa terbuka untuk cerita
Dan kita telah menemukan Cinta


Kau disana aku di seberang
Selalu membagi rasa sayang
Duka pun tak lupa kau pajang
Di layar kita, duka terpajang


Rasa ingin berjumpa
Walau hanya sekejap
Untuk meyakinkan kita
bedakah kita bila bercakap


Persahabatan kita lewat dunia maya
Namun kita saling percaya
suatu hari kita kan akan berjumpa
saling berpelukkan bila
>>> Tuhan mengijinkan<<<<<<


salam dari Delima
itulah persahabatan kita

sweetlove-sunset mengatakan...

delima....

ah.. sis ku yang satu ini memang is the best.. thanks for the poem

About